Senin, 14 Februari 2011

PEREDUP LAMPU
(DIMMER)
Peredup lampu / dimmer digunakan untuk mengatur cahaya lampu listrik (pijar), dari padam, redup, terang hingga sangat terang. Rangkaian ini hanya bisa digunakan untuk lampu listrik pijar saja, untuk lampu jenis neon tidak bisa bekerja dengan baik. Karena rangkaian ini berhubungan langsung dengan jaringan listrik 220v, maka harus di kemas dengan bok plastik agar tidak membahayakan kita semua.
skema rangkaian peredup lampu sebagai berikut:

Komponen yang diperlukan :

contoh PCB Peredup Lampu sebagai berikut:

11 komentar:

  1. maksimal digunakan lampu berapa watt rangkaian itu pak??

    BalasHapus
  2. itu tergantung SCR nya...klo pke scr FIR3D max sampai 100wat untuk 2P4M saya blum tahu maximalnya tapi saya coba pke 200w bisa dan tidak rusak.

    BalasHapus
  3. om kaloo rangkaian diatas di ganti scr nya dengan yang 2p4m apakah harus ad yang di ganti komonen nya yang lain..

    BalasHapus
  4. pak,kalo rangkaian ini dikombinasikan untu mengatur speed motor dc 160volt bisa ga ya? saya bingung mutere2 cari speed control buat motor dc. mohon dibantu ya pak,, bachroen_akhmad@ymail.com

    BalasHapus
  5. pak, sya mw tnya bpak kn pke scr fir3d ato 2p4m klo ga ada bole ga pke scr bt151-500r?? terima kasih atas jwabn'na..

    BalasHapus
  6. pak, aplikasi ini kn max lmpu yg d gnakn itu adl 100 watt, klo saya bkin pke watt yg lbih kcil msal 5 watt mse bsa ga d redup trangin??
    mhon jwabn'na pak..thx

    BalasHapus
  7. salam kenal pak...saya sulit mendapatkan scr fir3d..mohon bantuan pak..trims
    by.anri

    BalasHapus
  8. salam kenal pak...saya sulit mendapatkan scr fir3d..mohon bantuan pak..trims
    by.anri

    BalasHapus
  9. pak saya mohon dikirimi gambar rangkaian dimmer krn di blo ga ada. trims. simangunsongendra@ymail.com

    BalasHapus
  10. sy juga cari gambar rangkaiannya ga' ada, mohon dikirim ya pak..
    makasi.. nizam_khatamiran@yahoo.com

    BalasHapus
  11. pak kok gak di balas-balas ya.. udah ketemu sama cita-citanya...sederhana...ngerok brengos

    BalasHapus